Kumpulan Contoh Surat dan Proposal

Keberuntungan Blogger Pemula



Karena ini artikel pertama saya, saya akan menuliskan pengalaman pertama saya di dunia yang baru saya geluti, bloging. Juraganmah pasti sudah pada faham tentang seluk beluk bloging. Beda sekali dengan saya blogger pemula yang baru nongol. Saya banyak menimba ilmu dari artikel-artikel bermutu di blog juragan.

Sebagai blogger pemula yang gaptek saat memulai pembuatan blog, saya sempat berfikir untuk membeli saja dari jasa pembuatan blog di internet. Tetapi saya punya rasa penasaran yang cukup besar untuk bisa membuatnya sendiri. Akhirnya setelah berhari-hari duduk di depan komputer, blog sederhana yang super jelek ini jadi juga. Alhamdulillah.

Jika disusun, ceritanya kira-kira begini. Pada 26 Januari lalu, saya putuskan untuk membuat website portal berita dengan domain TLD. Saya kan gak tau yang gituan, saya terima jadi saja. Dengan harga tidak sampai 500 ribu, akhirnya portal berita itu bisa online. Yang jadi masalah sampai sekarang, saya kesulitan untuk meningkatkan traffic protal berita tersebut. Juragan yang baik hati, nanti setelah selesai dari sini dipersilahkan untuk mampir ke website saya, agar blogger pemula ini tambah semangat. Hehe.

Lanjuuut, setelah beberapa hari saya mikir bagaimana cara dapat uang untuk bayar kontibutor dan biaya operasional yang lain, sementara mencari pemasang iklan susah sekali. Saya coba cari di eyang Google bagaimana mencari uang di internet, itu kalee ya yang biasa dicari oleh blogger pemula? Entahlah.

Setelah seminggu, saya nemu kata PPC (Pay Per Klik). Ditelusuri lagi dimana sumbernya, siang malam sampai lupa makan akhirnya berhenti di Google AdSense. Masih bingung juga bagaimana cara daftar dan cara pasang iklannya. Sedikit demi sedikit saya mulai mengerti, dan tepat di usia website saya yang ke 10 hari saya daftar Google AdSense. Setelah daftar, saya sempat lupa tuh dengan AdSense. Bloggper pemula biasa suka lupa-lupa ingat.

Tiga hari kemudian, saya mendapat email dari google yang menyatakan bahwa pengajuan akun AdSense saya sudah ditinjau dan saya disuruh untuk membuat iklan. Blogger pemula kan tidak tahu kode javascript apaan, ya sudahlah cari lagi di blog juragan-juragan. Ketok sana, ketok sini demi bisa menayangkan gambar iklan dari google. Kalau tekun, meskipun otodidak bisa juga sedikit. Kode scriptnya sudah di copas di website saya.

Eits, tunggu jangan bersenang dulu.. ternyata iklannya itu tidak tampil di halaman website saya. Maklum belogger pemula, kondisi seperti itu membuat saya tidak enak hati. Apa gerangan yang terjadi dengan Website saya. Tanya sana sini juga belum ada solusi.

Hari ke 8 setelah saya daftar atau hari ke 18 usia website saya, saya terima email lagi dari eyang Google. Intinya emailnya itu seperti ini “Selamat Akun anda telah akif”. Alhamdulillah saya bilang, sambil tidak sadar saya berdiri dari tempat duduk. Saya betul-betul tidak nyangka, karena banyak artikel yang mengulas tentang Google AdSense, salahsatu syaratnya itu adalah usia blog minimal 2 bulan dan artikel berkualitas yang diposting minimal itu sudah  sekitar 60an. Saya mengambil kesimpulan, saya tergolong blogger pemula yang beruntung.

Kesulitan cari berita, saya searching lagi di eyang google. Pencarian saya kali ini bukan tentang AdSense, melainkan bagaimana membuat blog. Blogger pemula seperti saya maunya yang gratisan, berkunjung lagi kesana kemari. Dan setelah beberapa kali gagal, jadilah blog butut ini, lalu AdSensenya saya pasang juga di sini.

Tapi juragan sesama blogger pemula harus ingat pesan para senior. Nge-blog itu harus lahir dari hati, tidak boleh karena uang semata. Artinya tujuan nge-blog bukan untuk mencari uang, tapi bila dapat uang dari nge-blog itu namanya rejeki. Rejeki yang halal tidak boleh ditolak. Lewat blog kita bisa berkarya dan merubah dunia lewat tulisan, meneruskan pengetahuan yang kita miliki. Mudah-mudahan tergolong pada ilmu yang diamalkan. Jika ikhlas akan bernilai ibadah.

Sudah dulu ya, itu cerita pengalaman pertama saya di dunia bloging. Jika tulisannya jelek dan agak kurang nyambung mohon dimengerti karana saya masih blooger pemula yang belum bisa apa-apa. Sekarang saya mau melanjutkan lagi belajar bagaimana caranya meningkatkan jumlah pengunjung ke website dan blog baru saya. Terima kasih buat eyang google dan juragan-juragan yang telah membagikan ilmunya yang sangat bermanfaat, juga pada maskolis.com atas template gratisnya. Bagi yang ingin berbagi pengalaman atau sharing ilmu, silahkan isi kolom komentar.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Keberuntungan Blogger Pemula

1 komentar: