Kumpulan Contoh Surat dan Proposal

Contoh Proposal Ternak Sapi Perah



Ini adalah contoh pendahuluan yang terdapat pada proposal ternak sapi perah yang saya unggah.

           Desa (nama desa) merupakan salah satu desa dari (sebanyak) desa di Kecamatan (nama kecamatan) yakni dengan Luas (berapa ribu) Ha, dengan potensi  jumlah penduduk mencapai (berapa ribu) jiwa  (data BPS 2010), dimana sebagian besar  penduduk  Desa (nama desa) memiliki pekerjaan  sebagai  petani,  baik sebagai petani pengolah lahan sawah,  pengolah lahan  kering dan sekaligus sebagai petani ternak sapi perah.
Peternakan  yang paling umum dikelola para petani di Desa (nama desa) yakni ternak sapi perah, ternak domba dan ternak ayam. Untuk para peternak  sapi perah, ternak sapi perah diperoleh oleh para petani ternak ini baik dari sapi milik sendiri dan sebagian besar lagi petani ternak memperoleh sapi dari sapi milik orang lain yang dikelola dengan sistem  bagi hasil antara petani dengan pemilik (sistem kadas-mengadas),  dan sebagian  petani juga menghadapi  kendala permodalan dalam  rangka pengembangan populasi  ternak.
Jika ditinjau dari topografi, Desa (nama desa) merupakan  daerah  sedang dimana pada musim penghujan petani ternak sapi perah masih lebih gampang dalam memelihara  temak sapi mereka, karena banyak  rumput dan hijuan makanan ternak (HMT) yang bisa dimanfaatkan sebagai pakan ternak mereka. Namun di saat musim kering/musim kemarau masyarakat cukup kesulitan mencari rumput dan hijauan untuk pakan  ternak. Di sarnping permasalahan  pakan ternak di saat musim kemarau/kering,  petani ternak juga rnengalami kesulitan dalam pemberian air minum temak-ternak mereka, para petani harus berjalan menuju sungai (nama sungai) yang berjarak  1 KM dari lingkungan peternak.
Ditinjau dari sistem perneliharaan  ternak sapi perah, dikelola dengan  sistem  tradisional, yakni tanpa pengelolaan sapi modern, baik dari segi pakan ternak, perlakuan kesehatan ternak maupun kandang ternak yang layak.
Dari segi pakan ternak, petani ternak di Desa (nama desa) sampai saat ini belum memanfaatkan pakan altematif dengan sentuhan teknologi modern seperti pemanfaatan jerami dengan permentasi sebagai bahan makanan  ternak  serta pengelolaan  Hijauan Pakan Ternak (HPT) yang baik dalam meningkatkan  produktifitas  petani ternak sapi perah.
Sebagaian  besar petani ternak di Desa (nama desa) masih awam akan penyakit serta pengelolaan kandang ternak yang baik serta pemanfaatan limbah  produksi ternak seperti  sisa pakan dan pemanfaatan kotoran/ limbah  sebagai  pupuk  kandang dengan nilai jual yang lebih tinggi. Dari berbagai permasalahan yang dihadapi petani ternak sapi di Desa ..... ini maka petani ternak menghimpun diri dalam suatu  wadah /organisasi yaitu Kelompok  Ternak  Sapi perah “NAMA KELOMPOK” Desa ......
Melalui Kelompok ternak sapi ini diharapakan untuk ke depan segala permasalahan yang dihadapi oleh petani ternak sapi perah bisa diatasi secara bersama-sama.  Baik itu kendala permodalan, kendala pengelolaan  pakan ternak  dan limbah ternak, serta kendala lainnya yang dihadapi oleh petani ternak. Sehingga  tercapai  produktifitas  dan kesejahteraan  petani ternak  yang semakian meningkat.
Dari uraian di atas dapat dirumuskan  berbagai  permasalahan  yang dihadapi oleh petani ternak sapi perah di Desa (nama desa), sebagai berikut:
1.      Petani ternak sapi kesulitan permodalan dalam pengembangan dan peningkatan  populasi ternak sapi perah yang dimilikinya.
2.      Petani ternak sapi perah masih kesulitan dalam mendapatkan dan pengolahan Hijauan Pakan Ternak (HPT) di saat musim kemarau.
3.      Petani ternak di saat  musim  kemarau  mengalami kesulitan  memperoleh air bersih untuk minuman ternak, memandikan ternak sapi perah dan pengairan  tanaman Hijauan  Pakan Ternak (HPT).

Versi Word lengkap Download disini GRATIS.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Contoh Proposal Ternak Sapi Perah

0 komentar:

Posting Komentar