Kumpulan Contoh Surat dan Proposal

Mengenal Google Adsense Lebih Mendalam

Sumber gambar : mattpaulson.com

Setelah kemarin saya menulis artikel lebay tentang pengalaman menjadi newbie atau pendatang baru di dunia bloging, kali ini saya akan menulis artikel tentang AdSense. Jujur saja saya juga baru mengenal AdSense. Sebelumnya boro-boro kenal, tau namanya juga tidak. Artikel ini saya tulis berdasarkan pengalaman yang saya alami sendiri. 

Untuk anda yang masih baru menekuni blog, mungkin mengalami hal yang sama seperti saya. Bingung harus membuat tema apa, harus menulis apa, dan segudang pertanyaan lainnya yang belum terjawab sampai saat ini. Teruslah membuat artikel original dan berkualitas setiap hari, begitulah pepatah dari blogger senior. Ada juga yang memberi petuah tingkatkan terus kualitas blog anda, jangan dulu pikirkan google adsense. 

Artikel original artinya bukan artikel hasil copy paste, tapi artikel hasil karya anda. Pengertian berkualitas menurut pemahaman saya adalah artikel harus memberi manfaat dan memotivasi pembaca untuk menjadi lebih baik. Standar berkualitas menurut panda google saya belum  tahu. Saya belum menemukan artikel yang secara spesifik membahas kriteria artikel berkualitas menurut google.

Kembali ke AdSense. Secara sederhana AdSense menurut pemahaman saya adalah iklan. Google AdSense berarti juga iklan google. Pemahaman lebih sederhananya begini, ratusan atau mungkin ribuan perusahaan (advertiser) memasang iklan di google (Google Adword). Kemudian, untuk menayangkan iklan tersebut google menerima pendaftaran dari blog atau website, blog yang gratis atau berbayar tidak masalah. Setelah pengajuan blog calon penayang iklan (publisher) disetujui, baru iklan itu akan muncul di blog publisher.

Sejauh pengetahuan saya, iklan google yang paling mudah adalah PPC (pay per klik). Artinya blog yang menayangkan iklan google adsense akan dibayar dollar oleh google kalau pengunjung blog tersebut mengklik iklan. Contohnya begini, perusahaan “kecap” memasang iklan di google dengan tarif $1 per klik. Jika iklan perusahaan “kecap” itu ditayangkan di blog anda, lalu pengunjung blog mengklik iklannya maka anda akan mendapat komisi dari google. Pengunjung tidak mengeluarkan biaya karena mengklik iklannya, pengunjung bloglah yang telah mendatangkan rejeki dari google buat anda.

Bagaimana cara mendaftar google adsense? Mudah! duduk manis di rumah sambil minum kopi, lalu log in ke google adsense. Silahkan isi formulir dan tunggu email balasan dari google. Balasannya bisa dalam hitungan jam atau hitungan hari. Pembayaran PPC dari google bisa melalui paypal atau western union. Selamat mencoba dan semoga sukses, semoga ada senior yang berkenan memberi penjelasan dengan susunan kalimat yang lebih baik.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Mengenal Google Adsense Lebih Mendalam

0 komentar:

Posting Komentar