Kumpulan Contoh Surat dan Proposal

Contoh Teks Pidato Perpisahan Kelas 9


Assalamu’alaikum Warahmatullahi Wabarakaatuh.
Alhamdulillahi rabbil ‘alamiin..dst (muqadimah)

Bapak Ketua Yayasan yang saya hormati.
Bapak Kepala Madrasah beserta Dewan Guru yang saya hormati.
Bapak Ketua Komite yang saya hormati.
Ayah dan Bunda kami para orang tua peserta didik yang saya hormati.
Sahabat-sahabat dan adik-adik peserta didik yang saya cintai.

Hadirin sekalian yang berbahagia !
Perkenankan saya memanjatkan puji dan syukur ke hadirat Allah SWT yang senantiasa memberikan nikmat bagi kita semua. Yang telah menganugerahkan ilmu kepada guru-guru kami untuk kami pelajari setiap hari, sehingga di kesempatan yang berbahagia ini saya bisa berdiri di sini mempersembahkan kebanggaan bagi ayah bunda kami, tersenyum menatap jalan panjang perjalanan hidup kami dengan bekal ilmu pengetahuan yang telah kami peroleh di sekolah tercinta ini. Terima kasih bapa ibu guru, terima kasih ayah bunda, jasa kalian sungguh abadi. Kami siap meretas masa depan yang lebih baik dan mulia. 
Shalawat beserta keselamatan semoga dicurahkan kepada Nabi Muhammad saw, keluarga, sahabat dan para pengikut ajaran beliau sampai akhir zaman. Aamiin ya rabbal ‘alamiin...

Hadirin yang berbahagia !
Rasanya baru kemarin kami datang ke sekolah ini mengenakan seragam putih merah. Hari demi hari, minggu demi minggu, bulan demi bulan dan tahun demi tahun telah kami lewati, suka duka kita lalui bersama. Bagai mimpi di siang bolong, dengan bangga dan bahagia disertai rasa haru yang mendalam hari ini kami harus menanggalkan seragam putih biru yang menjadi kebanggaan kami selama tiga tahun menempa diri di sini. Dengan berat hati kami harus meninggalkan tempat yang menyenangkan dan menyimpan banyak kenangan ini. Di sini kami banyak belajar ilmu pengetahuan, di sini kami dididik, di sini kami dilatih mengembangkan diri. Barangkali teman-teman masih ingat petikan petuah guru kita “Kalian boleh lahir di mana saja, tetapi cita-cita harus di langit. Keterbatasan ekonomi dan letak geografis rumuas kalian bukan alasan untuk melupakan mimpi-mimpi kalian. Kalian punya kesempatan yang sama untuk menjadi orang besar, karena tidak ada manusia yang lahir ke dunia ini dengan membawa rekening atau deposito”, teman-teman juga mungkin masih ingat petikan kata-kata Zafran dalam film 5 CM “kita semua percaya pada satu hal, sederhana tapi luar biasa. Ada dalam setiap diri manusia bila ia meyakininya, sebuah impian. Setiap kamu punya mimpi, keinginan atau cita-cita. Kamu taruh di sini di depan kening kamu yang menempel, biarkan ia menggantung, mengambang 5 cm di depan kening kamu. Jadi dia tidak akan pernah lepas dari mata kamu, kamu bawa impian kamu itu setiap hari, kamu lihat setiap hari dan percaya bahwa kamu bisa. Bahwa kamu akan berdiri lagi setiap kamu jatuh, apapun hambatannya kamu bilang sama diri kamu sendiri. Kalau kamu percaya sama impian kamu dan kamu gak akan pernah menyerah. Belum pernah ada bukti-bukti nyata dalam angka yang bisa dipecahkan oleh ilmu pengetahuan bagaimana keajaiban sebuah impian, persahabatan, cinta dan keyakinan bisa membuat begitu banyak perbedaan untuk bisa mengubah kehidupan manusia. Hanya mimpi dan keyakinan yang bisa membuat manusia berbeda dengan makhluk lainnya. Hanya mimpi dan keyakinan yang membuat manusia menjadi sangat istimewa di mata Sang Pencipta”.

Hadirin yang saya hormati !
Sebelum undur diri, saya mewakili teman-teman kelas 9  ingin menyampaikan permohonan maaf yang sebesar-besarnya atas sikap kami selama ini yang kurang berkenan di hati Bapak / Ibu Guru, tentu Bapak/Ibu sering merasa jengkel atau dongkol dalam mendidik dan membimbing kami. Semoga Bapak/Ibu Guru berkenan memaafkan semua kesalahan kami. Saya ucapkan beribu-ribu terima kasih atas ilmu, bimbingan dan kasih sayang Bapak/ibu pada kami selama ini, semoga segala kebaikan Bapak/Ibu guru mendapat pahala yang berlipat ganda.
Teman-teman yang saya cintai !
Kalian semua adalah sahabat-sahabat sejati, jasa kalianpun sungguh abadi. Semoga kebersamaan kita tidak hanya sampai di sini, tapi kita selalu bersama meraih mimpi-mimpi kita di jenjang pendidikan yang lebih tinggi. Di sela-sela mengajarnya, guru kita suka bilang “di antara kalian ada calon kiyai, calon dokter, calon guru, calon prajurit, dan calon petinggi negeri”.

Adik-adikku yang ku sayang !
Dengan berat hati, izinkan kakak mengucapkan selamat tinggal pada kalian semua. Jangan pernah ikuti jejak kakak yang tidak baik, Kakak berharap kalian menjadi murid yang pintar, murid yang akan mengharumkan sekolah ini, murid kebanggaan orang tua, guru dan bangsa. Kalian punya hak untuk menjadi yang terbaik. Kakak sayang kalian semua !!

Terakhir dan spesial,
Saya mewakili teman-teman dan adik-adik semua ingin mengucapkan terima kasih kepada Bapak Ketua Yayasan yang telah mengorbankan waktu, tenaga dan materi untuk mendirikan sekolah ini. Di sini kami bisa menuntut ilmu dengan tenang, nyaman dan tanpa di pungut biaya pendidikan 1 rupiah pun. Semoga kebaikan Bapak menjadi amal shaleh dan mendapat pahala yang berlipat ganda.

Hadirin yang berbahagia !
Demikian yang dapat saya sampaikan, perpisahan ini bukanlah akhir dari segalanya. Tetapi babak baru peningkatan kualitas kita. Terima kasih atas segala kesempatan dan perhatiannya, Billahi taufiq wal hidayah.

Wassalamu’alaikum Wr. Wb.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Contoh Teks Pidato Perpisahan Kelas 9

0 komentar:

Posting Komentar