Kumpulan Contoh Surat dan Proposal

Cara Mengundurkan Diri yang Baik dari Tempat Pekerjaan

Cara mengundurkan diri yang baik dari tempat pekerjaan – Beberapa alasan yang menjadi penyebab seseorang keluar dari tempat pekerjaan di antaranya adalah ingin mendapatkan kehidupan yang lebih baik, mendapatkan tawaran pekerjaan dari perusahaan lain dengan gaji dan posisi yang lebih baik, tidak betah dengan lingkungan pekerjaan, dan sebagainya.

Mengundurkan diri dari perusahaan boleh-boleh saja, tetapi kita harus menjaga tata krama dan membuat surat pengunduran diri yang baik agar hubungan yang selama ini dijaga dengan baik tetap terjaga dan kita tidak meninggalkan jejak buruk di perusahaan.

Jangan meninggalkan perusahaan tempat Anda bekerja tanpa pemberitahuan, kita harus tetap menjaga tata krama dan menjalin hubungan baik dengan orang-orang di perusahaan. Agar meninggalkan kesan positif kita harus mengundurkan diri dari perusahaan dengan baik, elegan dan profesional.

Siapa tahu Anda tidak betah di perusahaan yang baru? Kalau meninggalkan kesan baik di perusahaan lama, integritas Anda akan terjaga. Dan jika suatu saat ingin kembali bekerja di perusahaan lama, mereka akan menerima Anda.

Cara mengundurkan diri yang baik dari tempat pekerjaan
Ilustrasi cara mengundurkand diri yang baik by duniainter.net

Cara Mengundurkan Diri yang Baik

Berikut ini beberapa tips mengundurkan diri yang baik dan profesional.

1. Informasikan rencana pengunduran diri Anda jauh-jauh hari

Jika Anda berniat mengundurkan diri dari perusahaan, informasikan rencana pengunduran diri Anda jauh-jauh hari agar perusahaan mempersiapkan orang lain untuk menggantikan Anda.

Jika Anda mengundurkan diri secara mendadak, mereka akan kerepotan. Berilah jeda waktu sekitar 1 bulan sejak Anda mengajukan surat pengunduran diri sampai Anda berhenti bekerja.

2. Berbicara langsung pada atasan

Sebelum membuat surat pengunduran diri yang baik, bicarakan rencana Anda langsung kepada atasan agar atasan Anda merasa dihargai. Jangan sampai atasan Anda mendengar rencana pengunduran diri Anda dari orang lain. Meskipun Anda akan resign dari perusahaan tempat Anda bekerja, namun menjalin hubungan baik dengan atasan menjadi sebuah keharusan.

3. Menjaga cara bicara

Jangan bicara sesuatu yang buruk atau menjelek-jelekkan perusahaan tempat Anda bekerja, meskipun pada kenyataannya Anda merasa tidak cocok baik dengan lingkungan pekerjaan maupun dengan rekan kerja di sana.

Jaga pembicaraan Anda dan jaga hubungan baik dengan rekan kerja, jika Anda menjelek-jelekkan perusahaan dan rekan kerja sama artinya dengan menjelekkan diri sendiri. Siapa tahu Anda kembali bekerja di sana atau Anda akan bekerja sama dengan rekan kerja Anda di perusahaan lain.

4. Tetaplah bekerja sebaik mungkin

Walaupun Anda sudah mengajukan pengunduran diri, tetaplan bekerja sebaik mungkin. Kalau bisa, sebaiknya Anda meningkatkan performa bekerja agar tidak meninggalkan beban pekerjaan yang belum diselesaikan. Dengan begitu, Anda akan mendapat kesan positif dari perusahaan, atasan dan rekan kerja.

5. Perhatikan etika kerja

Meskipun Anda sudah mengundurkan diri dan tidak bekerja lagi di perusahaan tersebut, Anda tidak boleh membocorkan rahasia perusahaan kepada perusahaan lain dengan alasan apapun. 

6. Kembalikan semua fasilitas kantor

Jika Anda memegang fasilitas kantor untuk menunjang pekerjaan, ketika Anda resign sebaiknya kembalikan semua fasilitas tersebut. Membawa barang yang bukan hak Anda akan berakibat buruk pada Anda di kemudian hari.

7. Pamit

Datang baik-baik, perginya juga harus baik-baik. Pamitlah pada rekan kerja dan atasan Anda sebelum Anda benar-benar berhenti bekerja.

Demikianlah cara mengundurkan diri yang baik dari tempat pekerjaan, semoga tips ini bermanfaat. Terima kasih.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Cara Mengundurkan Diri yang Baik dari Tempat Pekerjaan

0 komentar:

Posting Komentar